Tiket murah ? Kok bisa ? Kok mau ?

Iya, kok bisa ? Nanti dikasih tahu deh caranya

Trus kok mau ? Kenapa ?

Coba saya tanya, kenapa orang suka membeli barang diskon ?

Alasannya bisa berbeda-beda. Alasan saya, saya menyukai perasaan bisa mendapatkan sesuatu dengan harga yang lebih murah dari yang dibayarkan orang lain. Contohnya seperti belanja buku, antara beli dengan harga normal dibandingkan dengan diskon 20%, kepuasannya terasa berbeda. Makanya seringkali saya melihat-liat buku baru di toko buku ternama yang nyaman dengan pendingin udara, jika kemudian berniat untuk membelinya, saya dengan senang hati pindah ke toko buku yang menggunakan kipas angin tetapi menjual buku dengan harga diskon.

Dibilang mentalnya belum jadi mental orang kaya, masih mental diskonan …yo buen 😀

Selain itu membeli barang diskon biasanya  butuh perjuangan, jadi ketika mendapatkannya, lagi-lagi ada kepuasan karena tahu bahwa tidak semua orang bisa mendapatkannya.

Sama seperti ketika berburu tiket penerbangan murah/promo. Dengan waktu pemesanan terbatas, tanggal keberangkatan dibatasi, tidak semua orang memiliki kesabaran untuk melakukannya.  Tapi rasanya sangat memuaskan ketika orang lain di penerbangan yang sama dengan yang kita pesan, harus membayar ratusan ribu sementara kita hanya perlu membayar beberapa ribu atau bahkan nol rupiah.

Jika ada yang masih penasaran, gimana siy caranya bisa dapet tiket promo ?

Seingat saya dulu Ndaru Gayatri dan Ari Wijaya sudah pernah menjelaskan panjang lebar dan super komplit. Tapi untuk gambaran garis besarnya, baiklah saya coba sharing ya.

GAmpang kok, yang pertama tentu saja harus rajin mencari tahu. Salah satunya dengan mendaftar untuk mendapatkan newsletter dari perusahaan penerbangan yang sering menawarkan tiket promo. Biasanya jika akan ada tiket promo, kita akan mendapatkan pemberitahuan via email . Kita bahkan mendapatkan kesempatan memesan sehari lebih awal dibandingkan khalayak umum yg tidak ikut berlangganan newsletter.  Contoh isi newsletternya gini “Nantikan terbang mulai NOL rupiah dari Jkt,Bandung, Jogja, Sby menuju kota-kota berikut ini (disebutkan kotanya). Periode pemesanan dari tanggal 5Okt-12Okt 2013, periode terbang  10Januari-31Agt 2014”

Gambar

Setelah tahu kapan periode terbangnya, mulailah melihat-liat kalender, yang kerja kantoran mungkin bisa mulai mengira-ngira, kapan bisa cuti. Yang berencana mengajak anaknya di usia sekolah, bisa dilihat dulu di kalender pendidikan. Kapan kira-kira bisa ijin yang bukan “musim ulangan”. Biasanya tiket murah bisa didapat jika terbang di hari kerja, tapi tidak menutup kemungkinan di akhir minggu dan saat musim liburan juga tersedia tiket promo. Milikilah tanggal keberangkatan dan kepulangan lebih dari satu. Hanya untuk berjaga-jaga jika di tanggal yg kita inginkan tidak tersedia tiket promo, kita bisa coba tanggal lain. Siapkan juga dokumen (kartu identitas) dan kartu debet/kartu kredit untuk pembayaran.

Sudah, di hari H tiket promo dijual, siapkan koneksi internet yang oke.Mulailah mencoba-coba memasukkan tanggal yang kita inginkan di web perusahan penerbangan tsb, jika beruntung, tiket murah (yg jumlahnya terbatas) bisa kita dapatkan.

 Untuk mereka yang jadwalnya ketat atau justru tidak bisa diprediksi kapan bisa cuti, agak riskan memesan tiket promo. Bisa-bisa sudah terlanjur pesan jauh-jauh hari, di hari keberangkatan tidak bisa cuti, hangus deh tiketnya. Tidak bisa dipindahtangankan, kalau mau ganti nama atau ganti tanggal, berlaku harga normal, mahal juga jatuhnya.

 

22 thoughts on “Tiket murah ? Kok bisa ? Kok mau ?

  1. Pertanyaan yang sama yg diajukan oleh saudara dan teman-2 pada saat saya dan teman saya berhasil membeli tiket pp sekitar Rp.3.000.000 ke Jepang tahun lalu 🙂

    Dan alhamdulillah saya dan teman saya tersebut gak perlu sampai bergadang, mencari info ke airline lain, atau berlangganan buletin dari maskapai pesawat tersebut untuk mendapatkan tiket murahnya. Pada saat saya dan teman memutuskan untuk pergi ke Jepang bersama, lalu saya pun baca buku tentang cara travel murah ke Jepang, memutuskan maskapai yg akan dinaiki, dan alhamdulillah langsung dpt harga seperti saya sebut tadi 🙂

    Jadi kalau ditanya kok bisa, saya pun cuma menjawab “mungkin saya lagi beruntung :)”

  2. biasanya ku pesen kalu mo mudik aja, seminggu setelah lebaran, pesen buat taon depan lebaran.. suka harga dibawah normal deh, mendingan daripada dapat tiket jelang lebaran yang gilagilaan.. dan kalu ada tiket promo gitu suka lihatlihat libur kapan.. dulu jaman semangat kerja dan tiket AA lagi hebohheboh, suka dapat tuh 0%, dan perginya ramerame.. ber5.. selama 2 taon begitu, horehore deh.. sekarang kebutkebutan kalu mo dapat tiket promo.. tuh barusan juga AA lagi promo..

    • tiket boleh murah tapi gaya bepergiannya tetep gaya turis yg bukan bekpeker kan bisa Mimie …hihi
      btw, apa kabar ? bentar lagi balitanya kan barengan gedenya, asyik tuh diajak kelayapan *lho :-D*

  3. Sejak Rafa dan Fayra beda sekolah, agak susah berburu tiket murah. Soalnya jadwal libur nya beda. Dan sekolah Fayra gak jelas kalendar setahun nya. Suka maju mundur dari jadwal yang dibagikan awal tahun ajaran.

  4. pa kabar mbak…. lama nggak kesini deh. tulisannya udah lama juga.
    jadi kepingin dapat tiket promo juga deh. walopun gak suka klinong2 sebenarnya…

Leave a comment